Selasa, 05 April 2011

KUMPULAN PUISI LINGKUNGAN HIDUP


Pertiwi kini berduka,
Pertiwi kini berteriak,
Memangil, mencari,
Dimana manusia berada???
Pertiwi berkata
Masih adakah manusia yang akan melayaniku???
Kutumpahkan lahar di Jogja,
Kuberi air bah untuk Mentawai,
Kudatangkan banjir untuk Wasior,
Dab kubuat Jakarta tenggelam,
Hutanku, kekayaanku,
Telah kau rampas dengan paksa,
Kau curi seluruh isi perutku…
Aku hanya ingin kau lindungi agar ku dapat bertahan,
Dan dapat memberikan nafas kehidupan untuk mu manusia
Lindungi aku, dan jangan rampas hak milikku
Aku menangis karena kau sakiti,
Dan kau menangis setelah aku tumpahkan isi perutku

aku tak lagi heran
nusantara ini dipenuhi lautan sampah
disana-sini sering aku memandanginya
kotoran-kotoran manusia yang sejak lama telah ada
untunglah,
masih masih ada mereka
mereka sudi memilih dan memilah kotoran-kotoran itu
biarkan saja…
isi perut mereka adalah hasil jerih payahnya
jepara, 27 november 2008



Hujan
Hujan turun deras menjelang bulan sebelas
Menyirami halaman depan yang selama ini gersang
Rerumputannya kembali tumbuh hijau
Yang dulu meranggas dimusim kemerau
Kali kecil naik sampai pinggang
Bau tanah basah menguap dari kebun belakang
Aroma pagi terasa hingga siang
Suasana hati sejuk riang
Lelah luluh tak tunggu larut
wajah – wajah pulas tak berkerut
seakan hilang semua kemelut
seakan hidup tanpa maut

Air danau nan tenang
Nyaris beku oleh dinginnya musim
Kala bangau menari diatasnya
Menari bagi sang kekasihnya
Aku berdiri di tepi danau itu
Menikmati indahnya salju yang turun
Lalu aku berteduh di sebuah paviliun
Duduk dan minum teh yang hangat
Bangau-bagau itu menari terus
Tak jarang bangau itu terbang dan mendarat lagi
Sebagian lagi terlihat cemas dan khawatir
Seperti ada sesuatu akan terjadi
Aku berpikir sejenak sambil memandang mereka
Apakah mereka bangau yang kebal udara dingin
Rasanya aku ingin berbagi tehku pada mereka
Tapi mereka hanya terus menari

9 komentar:

  1. yukzzzz tambh lagi tulisannya :)

    BalasHapus
  2. Hujan tatkala panas
    menyiram bumiku yang gersang
    aroma begitu segar....
    membuat hatiku nyaman
    hatiku terasa....sejuk
    hujan ....membuat alamku begitu hijau...Kau laksana embun penyejuk suasana..............
    Katak....ikan saling berlomba bernyanyi menyuarakan kegembiraan hatinya.
    Pak Tanipun tersenyum menatap dari kejauhan ...hm Sawahku mengalir air..membasahi ladangku
    Padiku menghijau...segera menguning selaksa emas permadani terhampar luas.
    Segera panen...akan kujual tuk membayar hutang yang telah menumpuk didepan mata.
    Hujan ....kunantikan selalu turunmu menyirami bumi pertiwiku.

    BalasHapus
  3. bagus juga, visit my blog at http://nafisahnc.blogspot.com/

    BalasHapus